Terjemahan Surah al Kafirun :

1. Katakanlah: “Hai orang-orang kafir,
2. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.
3. dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.
4. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.
6. untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”

Waktu Turun :
أخرج ابن مردويه عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : نزلت سورة
{ قل يا أيها الكافرون } بمكة
Dalam kitab tafsir Durarur Mansur Imam Suyuthi menyatakan bahwa Ibnu Abbas menyatakan bahwa surah ini turun di kota Makkah.

Sebab Turun :
Surah ini turun disebabkan orang kafir Qurasiy menawarkan kepada nabi muhammad harta kekayaan, sehingga menjadi orang yang terkaya di Makkah, dan akan dicarikan dengan perempuan yang paling cantik, tetapi dengan syarat agar nabi menghentikan untuk mengatakan yang tidak baik terhadap tuhan merka (berhala), dan jika tidak mau juga mereka menawarkan bagaimana jika satu tahun mereka menyembah Allah dan nanti tahun kemudian muhammad menyembah tuhan mereka, maka Allah memberikan perintahnya kepada Nabi Muhammad dengan turunnya surah al kafirun.

وأخرج ابن جرير وابن أبي حاتم والطبراني عن ابن عباس رضي الله عنهما أن قريشاً دعت رسول الله صلى الله عليه وسلم إلى أن يعطوه مالاً فيكون أغنى رجل بمكة ويزوّجوه ما أراد من النساء ، فقالوا : هذا لك يا محمد وكف عن شتم آلهتنا ولا تذكر آلهتنا بسوء ، فإن لم تفعل فإنا نعرض عليك خصلة واحدة ولك فيها صلاح . قال : ما هي؟ قالوا : تعبد آلهتنا سنة ونعبد إلهك سنة . قال : حتى أنظر ما يأتيني من ربي فجاء الوحي من عند الله { قل يا أيها الكافرون لا أعبد ما تعبدون } الآية

Walid bin Mughirah , Aswad bin Muthalib dan Umayah bin Khalaf menjumpai nabi Muhammad dan memberikan saran : Hai Muhammad bagaimana jika engkau menyembah apa yang kami sembah dan nanti kami menyembah apa yang engkau sembah dan engkau bergabung dengan kami dalam segala urusan, dan kami juga akan ikut kamu dalam segala urusan, dan nanti jika apa yang ada pada kami lebih baik dariapa yang ada pada kamu, maka kamu telah mendapat sesuatu, dan jika nanti apa yang kamu punya lebih baik dari apa yang kami punya maka kami telah mendapat keuntungan, maka Allah turunkan ayat tersebut untuk menjawab usulan kaum kafir tersebut.

أخرج ابن جرير وابن أبي حاتم وابن الأنباري في المصاحف عن سعيد بن ميناء مولى أبي البختري قال : لقي الوليد بن المغيرة والعاصي بن وائل ، والأسود بن المطلب وأمية بن خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم فقالوا : يا محمد هلم فلتعبد ما نعبد ونعبد ما تعبد ، ولنشترك نحن وأنت في أمرنا كله ، فإن كان الذي نحن عليه أصح من الذي أنت عليه كنت قد أخذت منه حظاً ، وإن كان الذي أنت عليه أصح من الذي نحن عليه كنا قد أخذنا منه حظاً فأنزل الله { قل يا أيها الكافرون لا أعبد ما تعبدون } حتى انقضت السورة .

Keutamaan :

1. Zaid bin Harisah berkata : Hai Rasul ajarkan aku sesuatu yang harus aku baca sebelum tidurku , maka nabi menjawab : Apabila engkau akan tidur bacalah Qs.Alkafirun, karena sesungguhnya itu dapat melepaskan kamu daripada syirik “.( Ahma d dan Thabrani )
أخرج أحمد والطبراني في الأوسط عن الحارث بن جبلة وقال الطبراني عن جبلة بن حارثة ، وهو أخو زيد بن حارثة قال : قلت يا رسول الله : علمني شيئاً أقوله : عند منامي قال : « إذا أخذت مضجعك من الليل فاقرأ { قل يا أيها الكافرون } حتى تمر بآخرها فإنها براءة من الشرك »

Rasulullah saw bersabda : Siapa yang membaca surah Al Kafirun seakan-akan membaca seperempat al Quran dan siapa yang membaca surah al ikhlas seakan-akan membaca sepertiga al Quran.( riwayat Thabrani )
وأخرج الطبراني في الصغير والبيهقي في شعب الإِيمان عن سعيد بن أبي العاص قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « من قرأ { قل يا أيها الكافرون } فكأنما قرأ ربع القرآن ومن قرأ { قل هو الله أحد } فكأنما قرأ ثلث القرآن » .

Tadabbur :

1. Katakanlah: “Hai orang-orang kafir,
Tadabur :
• Qul : Katakan – keberanian bersikap
• Ya Ayyuha : Hai – kepada apa saja
• Orang kafir : Siapakah orang kafir ? Definisi / sifat – sifat Kafir- Muslim ?

2. ” aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah ”
Tadabbur :
• Tidak menyembah : Tidak ikut, tidak taat, tidak terpengaruh.
• Apa yang kamu sembah : acara ritual, gaya hidup, budaya, pemikiran, sistem, dll.

3. ” dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah ”
Tadabbur :
• Umat Islam tidak perlu mengharapkan orang lain mengikuti cara hidup kita.
• Menolak globalisasi budaya, semua hidup dengan cara masing-masing, sebab setiap orang mempunyai sifat dan karakteristik
• Globalisasi budaya – Budaya Islam
• Globalisasi ekonomi – Ekonomi Islam
• Globalisasi cara hidup, cara pakaian, cara pergaulan, cara makan, cara perkawinan, cara pernikahan, cara kematian, dll.
• Globalisasi pemikiran, keyakinan
• Adab dan etika dalam masyarakat global

Ulama Tafsir Fakhrudin Razi menyatakan :

{ لاَ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ } فلزمه أن يكون منكراً لذلك بقلبه ولسانه وجوارحه
Tidak menyembah apa yang mereka sembah berarti mengingkari dengan hati, lisan dan perbuatan/tindakan.

{ يا أيها الكافرين لا أعبد ما تعبدون } ولا أجمع في القلب بين طاعة الحبيب وطاعة العدو
Juga artinya adalah tidak mungkin bersatu dalam hati ketaatan kepada yang dicintai dengan ketaatan kepada musuh.

4-5 ” dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.”

Tadabbur :

– Perbedaan telah terjadi sejak dahulu , sampai sekarang dan sampai masa akan datang.

– Sejarah membuktikan bahwa perbedaan keyakinan pada masa lalu tidak menimbulkan perkelahian, maka hal tersebut dapat diwujudkan pada masa akan dating tanpa memaksa kelompok lain untuk mengakui kebenaran agama lain.

6. untukmu agamamu, dan untukku, agamaku.”
قال ابن عباس : لكم كفركم بالله ولي التوحيد والإخلاص له
ثانيها : كأنه يقول : إني نبي مبعوث إليكم لأدعوكم إلى الحق والنجاة ، فإذا لم تقبلوا مني ولم تتبعوني فاتركوني ولا تدعوني إلى الشرك

Ibnu Abbas mengatakan bahwa bagi kamu kekufuranmu terhadap Allah dan bagiku tauhid dan keikhlasan beribadah.

Seakan-akan nabi berkata : Sesungguhnya aku dibangkitkan kepada kamu untuk mengajak kamu kepada kebnaran dan keselamatan, dan jika kamu tidak menerima ajakanku, maka jangan ikut aku, dan tinggalkan aku dan jangan engkau ajak aku kepada syirik.

Tadabur :
Pengakuan adanya orang yang menyembah tuhan yang lain tetapi bukan pengakuan kebenaran agama lain.
Adab dan sikap menghargai keyakinan dan agama yang lain tetapi tidak boleh mengikuti apalabi mengakui kebenaran agamanya.
Mengakui Pluralitas agama ( banyaknya agama dan keyakinan ) , tetapi tidak mengakui Pluralisme agama ( pemikiran yang mengakui bahwa semua agama itu sama )

Kesimpulan :
Surah al Kafirun dibaca agar umat Islam tidak terperangkap dalam upaya-upaya kafir yang mengajak kepada kekafiran, baik dalam keyakinan, budaya, cara hidup, dan lain sebagainya, sebab setiap agama mempunyai siri khas, budaya dan cara hidup masing-masing, sehingga umat Islam harus berbeda dengan umat yang lain dalam seluruh sisi kehidupan.

Kehidupan bermasyarakat dapat terjadi dalam keberagaman keyakinan dengan meyakini kebenaran masing-masing dan tidak mengakui kebenaran yang lain, selama ada adab saling menghormati. Walahu A’lam.
( Muhammad Arifin Ismail )

One response »

  1. Hamba Allah mengatakan:

    Semoga Allah melimpahkan Rahmat kpd kita semua (amin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s